
Evaluasi Kepala KBIT, TKIT dan TPQ Insan Teladan rutin dilakukan setiap bulan untuk melihat kinerja Guru dan Pegawai Yayasan Insan Teladan Remen dan penyelesaian masalah di jenjang
Evaluasi Kepala KBIT, TKIT dan TPQ Insan Teladan rutin dilakukan setiap bulan untuk melihat kinerja Guru dan Pegawai Yayasan Insan Teladan Remen dan penyelesaian masalah di jenjang
PROFILE YAYASAN INSAN TELADAN REMEN A. SEJARAH YAYASAN INSAN TELADAN REMEN Awal berdirinya Yayasan Insan Teladan Remen ini adalah dimulai dari impian dan rasa tinggi kepedulian dari kami mengenai pendidikan anak-anak pada usia dini. Kami melihat kondisi dilapangan khususnya di desa Remen dan sekitarnya, bahwa rasio anak didik dan guru tidak seimbang, artinya melebihi kuota yang seharusnya jumlah murid dalam satu kelas dan jumlah guru harus seimbang. Seiring hasil renungan dan pemikiran dari kami, kemudian di dukung oleh adanya gedung yang sudah lama terbangun di area kami, tetapi gedung tersebut tidak berfungsi. Sehingga kami termotivasi untuk mendirikan sebuah lembaga sebagai perwujudan dan partisipasi untuk membantu masyarakat sekitar khususnya, dan pemerintah tentunya, dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa, dengan cara memberikan alternatif sekolah yang bernilai plus untuk membentuk pribadi anak didik yang sholeh, cerdas, dan mandiri. Kemudian terbentuklah sebuah lembaga Kelompok Bermain (PG/KB) pada tahun 2009, tidak menolak keinginan wali murid agar alur pembelajaran dan pendidikannya bersambung dan bernilai plus, maka kami selanjutnya mendirikan lembaga yaitu pada tingkatan Taman Kanak-Kanak (TK), pada tahun 2010 untuk kelompok A, selanjutnya diteruskan kelompok B pada tahun 2011. Kemudian lembaga PG dan TK Insan Teladan mengalami perubahan menjadi PG Islam Terpadu tahun 2015, dan TK Islam Terpadu pada tahun 2015. Seiring perkembangan lembaga-lembaga yang ada di kami, kemudian kami berkeinginan untuk mewadahi beberapa lembaga tersebut dalam bentuk Yayasan. Tidak berpikir panjang bahwa legalisasi itu penting maka kami segera menotariskan dalam bentuk Yayasan. Karena kami berpikir kedepannya untuk mendirikan beberapa lembaga yang dinaungi oleh sebuah Yayasan. Dengan maksud dan tujuan yang bergerak di bidang: Keagamaan, Sosial, dan Kemanusiaan. Maka dari itu terbentuklah Yayasan Insan Teladan Remen pada tahun 2011. Masih di bidang Sosial selanjutnya Yayasan Insan Teladan mendirikan lembaga “Creative English Course” (CEC), pada tahun 2010 dengan konsentrasi belajar bahasa Inggris secara kreatif. Karena melihat banyaknya peminat anak usia dini, dari usia PG, TK, yang ingin mengenal lebih dekat dengan bahasa asing sebagai bahasa yang baru untuk perkembangan kognitif mereka dengan menambah perbendaharaan bahasa selain bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dan selanjutnya bahasa Inggris secara basic. Kemudian meningkat pada usia jenjang SD, bahkan tidak menutup kemungkinan peminatan jenjang usia SMP, SMA, bahkan karyawan yang berkeinginan untuk belajar bahasa Inggris yang dikemas secara kreatif. Dalam bidang Sosial, tidak berhenti pada lembaga CEC, kami mendirikan perpustakaan pada tahun 2011 dengan nama “Perpustakaan Alphabet”, adanya perpustakaan alphabet ini berawal dari banyaknya koleksi buku dari kami, mulai buku bacaan pada jenjang usia dini sampai jenjang usia dewasa yang tidak termanajemen dengan baik. Maka kami mendirikan perpustakaan ini, pertama, agar koleksi buku kami termanajemen dengan baik, kedua yaitu ingin berbagi ilmu bersama dengan anak-anak didik kami beserta masyarakat sekitar dengan cara membuat kartu anggota perpustakaan ini. Alhamdulillah perpustakaan Alphabet pernah mendapatkan bantuan buku dari propinsi Jawa Timur yang bekerja sama dengan perpustakaan Umum Kabupaten Tuban. Kami bangga juga, perpustakaan kami pernah ditunjuk sebagai perpustakaan desa untuk mewakili Kabupaten Tuban sebagai peserta lomba perpustakaan Desa yang berprestasi yang telah di adakan di Surabaya. Selain bidang sosial, bidang keagamaan pun turut mewarnai dalam yayasan kami, dengan membuka lembaga Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) secara legalisasi TPA ini resmi tahun 2015, tetapi TPA ini keberadaannya di yayasan kami sudah sejak tahun 2009 seiring dengan di bukanya lembaga Play Group (PG). Semakin hari semakin banyak peminatnya yaitu dari anak-anak didik kami, di luar anak didik kamipun juga bergabung di TPA Insan Teladan ini. Kedepannya tidak menutup kemungkinan dalam bidang sosial, bidang kemanusiaan, dan bidang keagamaan bisa membuka lembaga-lembaga lain yang jenjangnya lebih tinggi atau selalu mengagendakan kegiatan-kegiatan lain yang bergerak dalam tiga bidang tersebut. B. IDENTITAS YAYASAN INSAN TELADAN REMEN Nama : Yayasan Insan Teladan Remen SK Akta Notaris Nomor : 49 (Empat puluh Sembilan) SK Kemenhum dan HAM : AHU – 3723 – AH.01.04.Tahun 2011 Alamat : Jl. Raya Remen No: 17 Rt. 01 Rw. 01 Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban Desa Remen. Alamat Email: yayasan_insanteladan@yahoo.co.id No HP : 081553088855 / 081334444122 C. Logo dan Makna Yayasan Insan Teladan Remen Keterangan Makna Logo: A: Nama Yayasan B: Lingkaran di dalam adalah membungkus kesederhanaan Yayasan C: Tulisan Yaintan berwarna hijau adalah singkatan dari Yayasan Insan Teladan, berwarna hijau adalah menandakan kasih sayang dalam pengasuhan untuk semua (kemurahan, kebaikan, dan simpati) D: Lingkaran di luar membungkus kesederhanaan dan tekad bulat Yayasan dalam membentuk insan-insan teladan E: Alamat dan kedudukan Yayasan Insan Teladan Remen berada di Desa Remen Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban Jadi FILOSOFINYA adalah Tekad bulat dari sekumpulan orang-orang yang hidup dalam kesederhanaan dan penuh kasih sayang tetapi berpikir jauh ke depan untuk mewujudkan SDM yang teladan dari segi IQ, EQ, ESQ di dalam lingkungan sosial, kemanusiaan, dan keagamaan. D. STRUKTUR ORGANISASI E. VISI, MISI, DAN TUJUAN YAYASAN INSAN TELADAN REMEN VISI Menjadi wadah pembentukan SDM yang unggul melalui bidang Sosial, Kemanusiaan dan Keagamaan sebagai bekal dalam menciptakan SDM yang teladan pada tahun 2021." MISI a. Sosial - Menyelenggarakan kegiatan pendidikan Islam yang berkualitas melalui lembaga pendidikan formal, non formal dan informal untuk menghasilkan peserta didik yang benar aqidahnya, benar ibadahnya, baik akhlaknya, benar bacaan Alqur’annya, sehat, cerdas dan mandiri serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang imbang. b. Kemanusiaan - Menyelenggarakan kegiatan pelayanan sosial bagi warga masyarakat yang membutuhkan untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan taraf hidup. c. Keagamaan - Menyelenggarakan kegiatan dan layanan dakwah yang berkualitas sesuai dengan Al Qur’an dan Sunnah untuk mewujudkan umat Islam yang benar aqidahnya, benar ibadahnya, baik akhlaknya dan benar bacaan Alqur’annya. TUJUAN - Membangun dan menghasilkan lembaga pendidikan yang memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif yang diandalkan oleh masyarakat. - Menghasilkan lulusan bidang pendidikan yang memiliki bekal agama Islam yang kuat. - Membangun dan menghasilkan layanan sosial yang berkualitas. - Meningkatkan kesadaran umat akan pentingnya memelihara dan membangun aqidah Islamiyah secara kaffah.
0 Komentar